Bahaya Penyakit Menular Topeng Monyet





GoesNews - Di Bandung puluhan tukang topeng monyet terancam menyalihi undang-undang perlindungan hewan.
Monyet tersebut diperlakukan secara kejam dengan dirantai, ditangkap, lalu dipaksa melakukan sesuatu yang bukan keahliannya. Orang mengira primata ini sulit ditemui, bahkan sekalinya ingin melihat kita harus mendatangi kebun binatang terlebih dahulu. Yang seharusnya jauh dari hirup pikuk manusia kemudian dipertontonkan di depan orang banyak.

“Kalau mereka di alam mereka sehat, penyakit bawaan mereka juga tidak berbahaya untuk manusia. Mereka jadi memiliki penyakit berbahaya kalau bercampur dengan manusia yang juga sakit.” Ujar Wini Prameswari (30) Dokter Hewan Sumatera Orangutan Conservation Program. Monyet itu pemyakitnya hampir sama dengan manusia, jadi monyet itu kan primate, primate itu korelasi genetikanya sangat mirip dengan manusia dan ada banyak penyakit yang bisa menular ke monyet dan begitu juga sebaliknya. Biasanya kita sebut zoonosis. 

Yaitu penyakit yang bisa menular dari satwa ke manusia dan dari manusia ke satwa. Kalau di manusia itu seperti TB, hepatitis, herpes. Saat dihubungi via telfon, jujur mengungkap keprihatinannya dengan permasalahan ini terutama dari segi kesehatan.

Topeng monyet tidak pernah memiliki dampak positif untuk monyet itu, itu semua hanya murni untuk keuntungan manusia. Jika mereka bilang “dengan topeng monyet aku bisa kok kasih monyetku makan” jika dengan begitu seharusnya pemilik topeng monyet sadar, dengan monyet tersebut berada di alamnya mereka pun bisa mendapatkan makanannya. Jadi itu semua balik ke keuntungan manusia.
Tag : News
0 Komentar untuk "Bahaya Penyakit Menular Topeng Monyet"

Back To Top